5 Fakta Planet Kepler-186F, Planet Kembaran Bumi Berjarak 490 Tahun Cahaya

loading…

Kepler-186F adalah planet ekstrasolar yang menarik karena memiliki beberapa kesamaan dengan Bumi. Foto: astrophotograhpy

JAKARTA– Fakta planetKepler-186Fpenting dipahami, sebab sangat mirip dengan bumi. Bahkan, ilmuwan juga menyebut planet tersebut sebagai sepupu bumi.

Sayangnya, memang jarak Kepler-186F sangat jauh dari bumi. Tepatnya, mencapai 490 tahun cahaya.

Kepler-186F juga memiliki ukuran yang sangat mirip dengan bumi. Ukurannya lebih besar 10 persen dari bumi. Planet ini juga memiliki kemiripan dengan bumi dalam hal zona layak huni bintangnya.

Planet tersebut telah menjadi fokus studi ilmiah karena kemiripannya dengan Bumi dalam beberapa aspek, tetapi karena jaraknya yang sangat jauh dan keterbatasan teknologi observasi, masih banyak misteri yang menyelimuti planet ini.

Kepler-186f adalah salah satu planet luar surya paling menarik yang pernah ditemukan. Foto: Astrophotographylens

1. Ditemukan pada 2014

Planet Kepler-186f ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler pada 2014. Kepler-186f adalah planet yang berada di zona habitat bintang Kepler-186, yang artinya jarak terhadap bintangnya memungkinkan keberadaan air di permukaannya.

2. Ukuran dan Komposisi

Kepler-186f memiliki diameter sekitar 10% lebih besar dari Bumi, sehingga dianggap sebagai planet yang sedikit lebih besar daripada Bumi. Meskipun demikian, komposisi dan atmosfernya masih belum diketahui secara pasti. Ukurannya yang lebih besar membuat planet ini memiliki atmosfer lebih tebal.

3. Siklus Tahunan

Planet ini memiliki siklus tahunan yang relatif mirip dengan Bumi, dengan satu tahun di Kepler-186f diperkirakan berlangsung sekitar 130 hingga 140 hari Bumi. Bintang Kepler-186 lebih redup daripada matahari

4. Kemungkinan untuk Kehidupan

Karena berada di zona habitat bintangnya, Kepler-186f telah menarik perhatian sebagai planet yang memiliki potensi untuk mendukung kehidupan. Artinya, planet ini memiliki suhu yang tepat untuk mendukung air cair di permukaannya. Planet ini memiliki radius sekitar 1,1 kali radius Bumi dan massa sekitar 1,7 kali massa Bumi. Namun, belum ada bukti pasti atau informasi detail tentang keberadaan air atau kehidupan di sana.

5. Jarak dan Lokasi

Kepler-186f terletak hampir 500 tahun cahaya dari Bumi, di rasi bintang Cygnus. Jarak yang sangat jauh ini membuat studi lebih lanjut atau pengamatan langsung menjadi sulit dilakukan dengan teknologisaatini.

(dan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *