7 Rekomendasi Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Peluang Karier Cerah, Tak Melulu Prodi Ekonomi

loading…

Ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan anak IPS yang disebut-sebut memiliki peluang karier cerah di masa depan. Foto/Ist

JAKARTA– Ini 7 rekomendasijurusan kuliahanakIPSdengan peluang karier cerah di masa depan. Selama ini salah satu mitos di dunia pendidikan menyebutkan apabila lulusan siswa berlatar belakang IPS kurang menjanjikan dibanding lulusan IPA.

Mitos itu sama sekli tidak sesuai kenyataan. Pasalnya saat ini ada banyak peluang karier menjanjikan bagi lulusan IPS selain jurusan ekonomi yang dibutuhkan banyak dunia kerja. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas 7 rekomendasi jurusan kuliah anak IPS yang memiliki peluang karier cerah, simak ya!

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini mempelajari tentang publik speaking, penulisan berita, belajar memahami tentang fotografi, desain dan animasi, hingga membuat sebuah iklan yang menarik.

Tidak hanya itu, di jurusan ini juga mahasiswa akan diajarkan bagaimana caranya untuk menyampaikan sebuah pesan yang efektif dan efisien.

Perkembangan teknologi dan komunikasi akan terus berkembang sampai kapan pun, hal itulah yang menjadikan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk kedepannya.

2. Bisnis dan Manajemen

Jurusan ini sangat dibutuhkan hampir di setiap perusahaan, lulusan Bisnis dan Manajemen bisa ditempatkan di area mana saja seperti di Manajemen Perusahaan, Marketing Keuangan, hingga Statistik Ekonomi.

Lulusan jurusan ini juga nantinya akan dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk menganalisis suatu kebijakan-kebijakan, dengan merencanakan sumber daya yang mengarah pada sebuah bisnis.

3. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional akan membantu mahasiswanya untuk mempelajari bagaimana caranya menjalin kerjasama, atau hubungan antar negara dengan baik.

Oleh sebab itu, bagi setiap mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan diajarkan tentang budaya, etika, hingga kebiasaan dari berbagai negara di belahan dunia.

4. Psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari sebuah pikiran, kebiasaan, hingga interaksi yang mencakup segala aspek tentang hidup manusia.

Ilmu ini berkaitan erat dengan riset dan perspektif dari berbagai ilmu seperti sosial, kesehatan, serta humaniora. Lulusan jurusan ini pada umumnya akan dibutuhkan di bagian SDM, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga di bidang yang lain.

5. Pendidikan

Tenaga ahli di bidang Ilmu Pendidikan akan semakin banyak dibutuhkan, karena saat ini Indonesia sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Namun, perlu kamu ketahui menjadi seorang tenaga pengajar merupakan salah satu profesi yang sangat terhormat. Bahkan banyak juga yang menyebut profesi ini merupakan pahlawan tanda jasa.

6. Administrasi Bisnis

Setiap mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari tentang administrasi secara umum, mengelola pekerjaan sarana, dan prasarana, hingga proses analisis data yang akurat.

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas seperti menjadi agen pembelian, administrasi, sekretaris, hingga manajer produksi industri.

7. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini merupakan penggabungan antara seni rupa dan teknik komunikasi. Meskipun saat ini masih banyak orang yang belum mengenal jauh tentang jurusan ini,.

Hingga banyak juga yang beranggapan bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang sempit. Namun, faktanya saat ini jurusan DKV banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

(wyn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *