Anies Sebut Hukum Alat untuk Capai Tujuan Bernegara bukan Pribadi Penguasa

loading…

Dalam pidato debat Pilpres 2024, Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa hukum alat mencapai tujuan bernegara bukan pribadi penguasa. Foto/Tangkapan Layar Youtube KPU

JAKARTA– Dalam pidato debat Pilpres 2024, capres nomor urut 1,Anies Rasyid Baswedanmengatakan, hukum alat mencapai tujuan bernegara bukan pribadi penguasa. Hal itu disampaikan saat pidato Debat Capres perdana di Halaman Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

“Hukum adalah alat untuk mencapai tujuan bernegara, bukan tujuan pribadi penguasa. Ketika prinsip ini tidak dipahami, tidak dijadikan rujukan utama, dan tidak dipegang erat oleh pemimpin tertinggi, maka produk hukum yang dihasilkan dan praktik hukum yang berjalan akan menjadi tidak adil, tidak bermanfaat, dan tidak memberikan kepastian,” kata Anies.

Anies pun menegaskan tidak akan melanjutkan hukum yang bengkok untuk kepentingan penguasa. Ia berkomitmen untuk mengubah hukum di Indonesia jika terpilih.

“Apa ini yang mau dilanjutkan? Tidak! Ini yang harus kita ubah. Ini adalah hukum di Indonesia. Yang dengan mudah dibengkokkan untuk kepentingan penguasa. Menghasilkan deretan produk hukum yang bermasalah, dengan proses yang bermasalah pula,” ujarnya.

Sebagai informasi, Anies dalam debat perdana didampingi Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan simpatisan yang hadir. Diketahui Debat Pilpres 2024 perdana membahas sejumlah topik diantaranya Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

(maf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *