Cek! Manfaat Madu untuk Kesehatan Ini Bikin Tubuh Lebih Strong

loading…

Manfaat madu untuk kesehatan salah satunya dapat membuat imunitas tubuh menjadi lebih kuat. Foto/ MNC Media.

JAKARTA – Manfaat madu untuk kesehatan salah satunya dapat membuat imunitas tubuh menjadi lebih kuat. Namun, masih ada sederet manfaat lainnya yang menarik untuk diketahui.

Menurut penelitian para ahli, madu memiliki berbagai kandungan banyak mineral dan mengandung tujuh vitamin B kompleks dan di dalamnya terdapat kandungan vitamin C. Madu sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak orang yang mengetahui khasiatnya.

Simak beberapa manfaat madu untuk kesehatan berikut ini.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Madu mengandung asam organic yang terdiri dari asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam tartarat yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh manusia.

Bahkan asam laktat mengandung zat laktobasilin yaitu zat penghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Sedangkan asam amino bebas dalam madu mampu membantu menyembuhkan penyakit, dan bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Terkadang luka yang ringan bisa diatasi menggunakan beberapa bahan-bahan alami, seperti madu. Melansir dari jurnal The Cochrane Database of Systematic Review, terdapat 26 hasil penelitian mengenai madu dan perawatan luka. Hasilnya, cairan alami ini paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar ringan.

3. Meredakan Batuk

Madu juga bermanfaat untuk meredakan batuk. Sebab, rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur dan dapat melembabkan tenggorokan yang kering, sehingga rasa gatal di tenggorokan akan hilang secara perlahan. Tak hanya itu, madu juga bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *