Ganjar Tak Permasalahkan Debat Cawapres Pakai Podium

loading…

Ganjar Pranowo. Foto/Arif Julianto

JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyediakan podium saat pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 di Jakarta Convention Center(JCC), Jakarta Pusat. Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3Ganjar Pranowotak mempermasalahkan hal tersebut.

“Ada podium atau nggak sama aja buat saya,” ucap Ganjar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2023).

Ganjar juga tidak keberatan jika peserta debat membawa contekan yang berisikan sejumlah data agar peserta debat tidak keliru saat menyampaikan sejumlah data.

“Ada contekan juga boleh, kenapa nggak boleh, data gitu,” katanya.

Debat kedua nanti akan mengangkat tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Ganjar berharap acara tersebut lebih banyak debat dibandingkan tanya jawab.

“Ya nanti bisa tanya ke panitia, kan kita yang mau dites, kita yang mau debat, harapan saya debat itu nanti nggak banyak tanya jawab, saya pengen debat,” ucapnya.

Sebelumnya, KPU mengevaluasi debat perdana capres yang berlangsung pada 12 Desember 2023. KPU memutuskan pada debat selanjutnya, termasuk debat cawapres 22 Desember 2023, akan disediakan podium.

Dalam catatan debat Pilpres 2024 yang akan diikuti capres dan cawapres, KPU dan timses paslon setuju saat pemaparan akan disiapkan podium. Sebelumnya, dalam debat capres di Gedung KPU yang diikuti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, tidak disediakan podium.

“Demikian juga hal yang jadi catatan-catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

(zik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *