Google Klaim Bard Lebih Pintar dari ChatGPT

loading…

Google mengklaim Bard sudah lebih pintar dari ChatGPT karena telah mendapatkan peningkatan model bahasa besar (LLM) Gemini. Foto/Ist

MENLO PARKGooglemengatakan bahwa Bard saat ini sudah lebih pintar dariChatGPT. Google menilai chatbot AI buatannya telah mendapatkan peningkatan model bahasa besar (LLM) Gemini.

Melansir dari ZDNet, Jumat (8/12/2023) Google baru saja merilis LLM Gemini yang paling mumpuni dan canggih hingga saat ini, yang pertama kali diumumkan pada bulan Mei di Google I/O. Bersamaan dengan peluncuran Gemini, pengguna dapat versi Gemini Pro untuk Bahasa Inggris yang disetel secara khusus di Google Bard.

Gemini Pro mengacu pada ukuran Gemini, yang dirilis dalam tiga ukuran berbeda, yakni Gemini Ultra, Gemini Pro, dan Gemini Nano. Setiap ukuran membuat Gemini cocok untuk tugas yang berbeda.

Misalnya, Gemini Nano adalah yang paling efisien untuk tugas pada perangkat, Gemini Pro adalah model terbaik untuk menskalakan berbagai tugas. Gemini Ultra adalah yang paling canggih, menjadikannya versi paling cocok untuk tugas-tugas kompleks.

Dengan masuknya Gemini Pro, Google Bard diklaim memiliki kemampuan, penalaran, perencanaan, dan pemahaman yang lebih maju. Google pun telah mengujinya dengan berbagai standar industri.

Hasilnya menunjukkan bahwa dalam enam dari delapan standar industri, Gemini Pro mengungguli GPT-3.5, LLM OpenAI yang mendukung versi ChatGPT yang dapat diakses. Dibandingkan dengan alternatif terkemuka, Google selanjutnya mengklaim, Bard dengan Gemini Pro adalah chatbot gratis pilihan dalam evaluasi buta dengan penguji pihak ketiga.

Pengguna dapat menguji Bard dengan Gemini Pro untuk mendapatkan perintah berbasis teks mulai hari ini dan gratis, cukup dengan mengunjungi chatbot seperti biasanya. Untuk saat ini, Bard dengan Gemini Pro hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan di 170 negara dan wilayah.

Google berencana untuk segera memperluas ke lebih banyak bahasa dan lokasi. Awal tahun depan, Google berencana memperkenalkan Bard Advanced, yang akan didukung oleh Gemini Ultra yang mampu memahami dan bertindak dengan cepat pada input multimodal seperti teks, gambar, audio, video, dan kode.

(wib)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *