Hindari Konsumsi Telur dan Kopi saat Sarapan, Efek Sampingnya Bahaya

loading…

Konsumsi telur dan kopi saat sarapan sebaiknya dihindari lantaran bisa menyebabkan efek samping. Banyak orang menganggap perpaduan telur dan kopi sempurna. Foto/Istock Photo

JAKARTA – Konsumsi telur dan kopi saat sarapan sebaiknya dihindari lantaran bisa menyebabkan efek samping berbahaya bagi kesehatan. Banyak orang menganggap perpaduan telur dan kopi merupakan perpaduan sempurna disantap saat pagi hari.

Konsumsi telur dengan secangkir kopi saat sarapan diyakini bisa memberikan vitamin, dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, perpaduan makanan dan minuman ini juga dapat memberi Anda tambahan energi di pagi hari.

Ahli nutrisi dari Apollo Hospital, India, Priya Bansal MSc mengatakan bahwa telur dan kopi memiliki manfaat masing-masing dan dapat dinikmati sebagai bagian dari sarapan seimbang. Telur kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

“Kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi sehingga memberikan efek merangsang,” kata Priya dilansir dari Times Now News, Minggu (24/12/2023).

Foto/Infografis SINDOnews

Priya menjelaskan bahwa jika telur dan kopi digabungkan, ada beberapa faktor yang ikut berperan dan dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan. Di mana dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting.

Ini karena kopi memiliki tanin dan polifenol yang dapat menghalangi penyerapan zat besi dan kalsium yang merupakan nutrisi penting yang ditemukan dalam telur. Ahli nutrisi di Prepped Pote juga menyarankan agar tidak minum teh atau kopi setidaknya satu jam setelah makan telur.

Only My Health melaporkan bahwa mengonsumsi telur bersamaan dengan kopi juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini terjadi karena telur dan kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang pada akhirnya dapat menyebabkan asam lambung naik, mulas, atau sakit perut.

Selain itu, telur dan kopi juga memiliki sifat diuretik yang dapat membuat Anda dehidrasi karena cenderung lebih sering buang air kecil. Saat Anda mengonsumsi makanan ini, pastikan minum lebih banyak air.

Minum lebih banyak air penting dilakukan ketika Anda makan telur dan kopi bersama. Selain itu, kopi juga dapat mengganggu penyerapan beberapa obat, termasuk antibiotik dan antasida.

Sehingga minumnya bersamaan dengan mengonsumsi telur dapat semakin mengganggu penyerapan sehingga mempengaruhi kemanjurannya.

(dra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *