Timnas Indonesia Tak Patok Target Tinggi di Piala Asia 2023, PSSI Dukung Keputusan Shin Tae-yong

Suara.com – PSSI mendukung keputusan Shin Tae-yong yang hanya menetapkan lolos 16 besar sebagai target Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menyebut target yang ditetapkan juru taktik asal Korea Selatan itu realistis merujuk kondisi yang ada.

Amali menekankan federasi harus memahami kondisi yang ada dan berkomunikasi dengan pelatih untuk mengukur kemampuan para pemain.

PSSI disebutnya secara aktif terlibat dalam memonitor perkembangan para pemain, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, rutin berdiskusi dengan Shin Tae-yong.

Saat ini, pemain Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Asia 2023.=

“Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar,” kata Zainudin Amali saat mengunjungi pemusatan latihan (TC) timnas Garuda di Antalya, Turki sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (26/12/2023).

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali (kiri) turut memantau training camp (TC) alias pemusatan latihan Timnas Indonesia di Antalya, Turki, sebagai persiapan jelang tampil di Piala Asia 2023 Qatar. [dok. PSSI]

“Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis.”

Sebelumnya, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mematok target timnas Garuda untuk lolos ke babak 16 besar.

Amali mengatakan PSSI mendorong Shin Tae-yong mewujudkan target tersebut dan menekankan bahwa target yang ditetapkan memang harus realistis.

“Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini,” kata Zainudin Amali.

“Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri.”

Timnas Indonesia akan menjalani TC hingga 6 Januari 2024 mendatang. Selain berlatih, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan juga bakal beruji coba sebanyak dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari.

Selepas dari Turki, Garuda akan berlatih di Qatar sekaligus memainkan satu laga uji coba kontra Iran pada 9 Januari sebelum memulai perjalanannya di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D pada Piala Asia 2023. Mereka akan bersaing dengan Jepang, Irak dan Vietnam.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *